Sejarah

SEJARAH BERDIRINYA

SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA NEGERI (STABN)

 RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

          Pembangunan kampus  STAB Negri Raden Wijaya telah dimulai terlebih dahulu dengan pembangunan Vihara Cipta Sarana Budhi oleh umat Buddha di sekitar dusun Bulusari, Bulusulur dan umat Buddha di dusun Pokoh Wonoboyo Wonogiri pada tahun 1986. Pembangunan Vihara telah selesai pada tahun 1987, dan diresmikan oleh Bupati Wonogiri Bapak Drs. Oemarsono dengan ditandai penanda tanganan prasasti peresmian Vihara pada tanggal 28 Februari 1987, diatas prasasti yang ditulis dengan huruf jawa dengan Condro Sengkolo  Sabto Pandito Trus Manunggal.

          Tahun 1990 mendapat bantuan dari Wakil Presiden berupa fasilitas penerangan listrik  untuk vihara Cipta Sarana Buddhi. Pada tahun 1993 Bhikkhu Dewa Dharma Sutra dan Resi Surya Madya Wiryana (Romo Citro Modo) dengan segenap pengurus Vihara Cipta Sarana Buddhi memunculkan gagassan membuat suatu wadah Yayasan Pondok Buddhis Indonesia di Wonogiri, untuk memulai cita-cita luhur membantu pemerintah mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia Buddhis melalui bidang pendidikan.

Ide tersebut dimunculkan dengan melalui “Pembangunan Gedung Kampus Sekolah Tinggi Agama Buddha” pada tanggal 22 juni 1993 dimulailah pembangunan gedung  kampus dengan ditandatangani peletakan batu pertama oleh pejabat pemerintah, yaitu:

  1. Drs. Budi Setiawan/Direktur Urusan Agama Buddha selaku wakil pemerintah Depertemen Agama R.I.
  2. Bupati KDH TK II Wonogiri, yang diwakili oleh Drs. Soeyato, pembantu Bupati.
  3. Kapolres Kab. Wonogiri (Letkol. Slamet)

          Pembangunan kampus telah berhasil dilaksanakan, dengan menyelesaikan dua gedung ruang perkuliahan. Gedung perkuliahan ini kemudian dimanfaatkan untuk pembinaan umat Buddha melalui pelaksanaan penataran, untuk para remaja Buddhis Vihara Cipta Sarana Buddhi dan umat Buddha Karasidenan Surakarta. Selain itu juga dimanfaatkan untuk Sekolah Minggu Buddhis , dan kegiatan-kegiatan lain dalam usaha pembangunan bidang agama untuk mencetak manusia susila yang beraklak mulia cakap dan terampil dan mempunyai pengetahuan Dhamma yang baik.

          Pada tahun 2004 dimulailah usaha pengurusan ijin operasional pendirian sekolah tinggi agama Buddha. Pada tahun 2007, melalui program pendidikan tinggi agama Buddha guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia Buddhis. Sekolah Tingi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya berawal dari Sekolah Tinggi Agama Buddha Nusantara Raden Wijaya Wonogiri yang merupakan penggabungan dari Yayasan Pendidikan Mpu Tantular Banyumas pada Tanggal 12 Maret 2007, karena keduanya memiliki visi dan misi serta dasar yang sama untuk melanjutkan memajukan perkembangan Buddha Dhamma.

          Melalui Surat Keputusan Dirjen Bimas Buddha Depag RI No. Dj.VI/155/SK/Tahun 2007 tanggal 14 Desember 2007.Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha memberikan kewenangan dalam pengelolaan Pergurun Tinggi Agama Buddha kepada STAB Nusantara Raden Wijaya. Pada tahun 2007 dengan surat keputusan tersebut dimulailah pelaksanaan operasional STAB Nusantara Raden Wijaya di kampus yang telah dibangun mulai tahun 1993.

          Pada tanggal 30 Juni 2007 Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha melakukan pencanangan Kuliah Perdana STAB Nusantara Raden Wijaya di Surakarta. Pada Tahun 2010 Sekolah Tinggi Agama Buddha Nusantara Raden Wijaya Jawa Tengah mewisuda 23 wisudawan di Gedung Serbaguna Departemen Agama Wonogiri. Jumlah mahasiswa sebanyak 224 orang, terdiri dari jurusan dhammacarya, Dharmaduta, dan Kepanditaan.

          Sekolah Tinggi Agama Buddha Nusantara Raden Wijaya Jawa Tengah pada Tangal 24 Februari 2010 dengan Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 2011 berubah status dari swasta menjadi negeri dengan nama Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah dan melalui Peraturan Menteri Agama Nomor 20 Tahun 2011 tanggal 23Juli 2011 tentang Organisasi dan Tata Laksana Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah. Tanggal 8 Juni 2011 melalui Keputusan Menteri Agama Nomor: B.II/3/07687 ditunjuk Pengganti Sementara Ketua Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah Bapak Hesti Sadtyadi, S.E., M.Si.

          Pada Tanggal 18 Agustus 2011 dilantik Ketua Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Jawa Tengah (Ir. Suhartoyo Pusaka Jati, MM.). Pada Tanggal 29 September 2011 dilantik Pembantu Ketua Bidang Akademik (Hesti Sadtyadi, S.E., M.Si.). Pada Tanggal 3 Oktober 2011 dilantik Kepala Bagian Administrasi Akademik, Administrasi Umum dan Administrasi Kemahasiswaan (Muryadi Eko Priyanto, S.E., M.M.), Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan (Supriyanto, S.Ag.), Kepala Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan (Dra. Dyah Gayatri), Kepala Sub Bagian Umum (Retno Dwi Martuti, S.Ag.).

          Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah sebagai pusat penelitian dan pengembangan agama Buddha, pendidikan dan pengabdian masyarakat, dengan misi

  1. Peningkatan Kualitas Peneliti dan Dosen
  2. Pengajaran dan Pendidikan Agama
  3. Melayani Masyarakat Luas
  4. Penertiban Sistem Administrasi