STAB Negeri Raden WIjaya Wonogiri Jawa Tengah

PELEPASAN SATWA (FANG SEN) DAN JALAN SANTAI MENUJU MAKAM PAHLAWAN

Wonogiri, Kamis (16/8) Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah melaksanakan kegiatan pelepasan satwa (Fang Sen) dan Jalan Santai menuju Makam Pahlawan dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 Tahun 2018.  Kegiatan yang pertama dilaksanakan yaitu Fang Sen di dibuka dengan sambutan oleh ketua STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah, Dr. Hesti Sadtyadi , S.E., M.Si. Beliau menyampaikan bahwa “pelepasan satwa (Fang Sen) yang paling baik bukan melepaskan bibit satwan melainkan melepaskan satwa yang hendak dikonsumsi, dengan begitu dapat menyelamatkan satwa dan memperpanjang masa hidupnya”. Satwa yang dilepas antara lain ikan lele,ikan belut, dan burung perkutut.

Pembacaan doa Parita yang dipimpin oleh Sujiono selaku dosen STAB Negeri Raden Wijaya menjadi langkah awal sebelum dimulainya Fang Sen. Fang Sen diawali dengan melepaskan burung dara di halaman kampus. Dilanjutkan pelepasan ikan lele dan ikan belut di sungai sebelah selatan kampus yang diikuti oleh seluruh warga STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah. Pelepasan Satwa (Fang Sen) bertujuan untuk menumbuhkan cinta kasih kepada semua makhluk dan membebaskan makhluk dari penderitaan serta memperpanjang masa hidupnya.

Selepas Fang Sen, kegiatan dilanjutkan dengan jalan santai menuju Makam Pahlawan yang berlokasi di Jl. Melati I, Jatirejo, Wonoboyo, Kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Peserta kegiatan jalan santai diikuti oleh seluruh warga kampus STAB Negeri Raden Wijaya. Sesampainya di Makam Pahlawan, peserta jalan santai melaksanakan tabur bunga yang di awali dengan berdoa bersama dipimpin oleh Supadi, S.Ag. Jalan Santai menuju Makam Pahlawan serta melaksanakan tabur bunga dilanjutkan dengan pembagian kupon dan doorpize di halaman kampus. Tujuan dilaksanakan kegiatan jalan santai serta tabur bunga di Makam Pahlawan yaitu, untuk meningkatkan kualitas kesehatan para warga kampus dan juga mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur demi memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.