STAB Negeri Raden WIjaya Wonogiri Jawa Tengah

MAHANITI LOKA DHAMMA TINGKAT NASIONAL VI TAHUN 2018

Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama kembali menggelar Mahaniti Loka Dhamma (MLD). Gelaran tahun ini merupakan ajang kali keenam. MLD merupakan ajang pertemuan, penampilan kebolehan, dan ketangkasan Dhamma bagi masyarakat perguruan tinggi yang bersifat nasional. Tema yang diusung dalam Mahaniti Loka Dhamma tingkat Nasional VI  Tahun 2018 ini adalah “Tumbuh Berkembang dan Berinovasi”.

Maskot Mahaniti Loka Dhamma kali ini adalah “Rusa” yang tertuang dalam Nigrodhamiga Jataka yang menceritakan tentang seekor rusa bernama rusa Banyan yang memimpin Kawanan rusa dengan penuh cinta dan kasih sayang, hidup sederhana dan rela berkorban demi kesejahteraan rakyatnya. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari pada tanggal 17 s.d 21 April 2018, bertempat di Putri Duyung Ancol Hotel Taman Impian Jaya Ancol Jakarta.

Acara Mahaniti Loka Dhamma Tingkat Nasional VI dibuka oleh Dirjen Bimas Buddha, Caliadi, S.H., MH. Beliau berpesan tentang moderasi agama dan Pancasila. Menurutnya, agama mengajarkan nilai-nilai yang sangat hakiki. Dengan agama, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan membawa suatu tatanan kehidupan yang bernilai. Karenanya, semangat moderasi agama harus terus ditumbuhsuburkan oleh mahasiswa Buddha.

“Kiranya kegiatan Mahaniti Loka Dhamma dapat dijadikan sebagai ajang mengasah keterampilan dan menambah wawasan sebagai generasi muda yang akan memegang estafet kepemimpinan di masa mendatang,” ucap Dirjen di Jakarta, Rabu (18/04).

 

Kegiatan MLD diikuti oleh berbagai Perguruan Tinggi Agama Buddha se-Indonesia, Salah satunya dari Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah. Peserta kegiatan dari STAB Negeri Raden Wijaya berjumlah 54 orang, terdiri dari Mahasiswa sebanyak 36 mahasiswa/i, Dosen Pembimbing sebanyak 13 orang, dan Tim Pendamping sebanyak 5.

 

Berbagai kreatifitas mahasiswa ditampilkan dalam kegiatan tersebut yaitu Pengembangan Kreativitas Mahasiswa dalam bidang Penelitian (PKM-P), Pengabdian Kepada Masyarakat (PLM-M), Kewirausahaan (PKM-K), Karya Cipta Media Pembelajaran maupun media ceramah/dhammadesana (PKM-KC), dan Kajian Tripitaka (PKM-KT).

STAB Negeri Raden Wijaya memperoleh berbagai piala dan penghargaan dalam kegiatan MLD yaitu:

  1. Juara I Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Dalam Bidang Kewirausahaan (PKM-K), dengan menampilkan kreativitas wayang yang terbuat dari pralon adapun peserta pemenang perlombaan sbb:
  • Andy Tri Wijaya
  • Suparmi
  • Narmi
  1. Juara II Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Pembuatan Kripik  Klotoh di Kabupaten Grobogan, pesrta PKM sbb:
  • Sindhu Kusalanana
  • Ririn Ernawati
  • Dwi Suhanik
  1. Juara III Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Dalam Bidang Kajian Tripitaka (PKM-KT), dengan judul Konsep Kerukunan Untuk Mewujudkan Kebhineka Tunggal Ika NKRI Dalam Kitab Suci Tripitaka, adapun pemenang sbb:
  • Gustiya Gandha Metri
  • Sri Yunani
  • Fipit Nurika Sari
  1. Juara Harapan I Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Dalam Bidang Kajian Tripitaka (PKM-KT), dengan judul Etika Kepemimpinan Dalam Konsep Budhisme, adapun pemenang lomba sbb :
  • Doni Wahyudin
  • Murtini
  • Yudiyanto

Kegiatan Mahaniti Loka Dhamma Tingkat Nasional VI Tahun 2018 yang diadakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk mengembangkan bakat dan kreativitas mahasiswa/mahasiswi buddhis  agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan dan menyebarluaskan ilmu agama, ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta memperkaya budaya Nasional.